Pertumbuhan pasar dalam dunia berkembang sangat
pesat dalam 5 tahun terakhir. Hal ini dikarenakanadanya pergeseran trend
bermain game dari game PC, Game Browser, Game Console menuju ke gameyang bisa
dimainkan setiap saat, kapanpun dengan mudah dan murah, yaitu game Mobile
melalui mediasmartphone. Besarnya pasar, menjadikan pengembang game
lebih memilih pasar tersebut, sehinggaunsur kompetisi menjadi semakin
besar. Untuk itu diperlukan sebuah kajian dalam membaca potensipasar yang ada
di Indonesia sekaligus kajian strategi promosi untuk memenangkan pasar.
Indonesia adalah satu satu negara dengan potensi pasar yang
cukup tinggi untuk industri game. Pada tahun 2014 secara global
naik 27.3 % (riset dari NEW ZOO dan APPLIFT). Berkembang secara pesat
mulai tahun 2012 dengan nilai pendapatan sebesar $9.1 Milyar pada
tahun 2014 meningkat menjadi $ 21.2 Milyar dan diperkirakan pada
tahun 2016 akan meningkat drastismenembus angka $28 Milyar. Perkembangan game
mobile yang meningkat hampir 400% dalam 6 tahun terakhir ini
menjadikan dunia game menjadi pasar yang sangat menguntungkan.Pertumbuhan pasar
dalam dunia game mobile tersebut terjadi di seluruh bagian dunia. Hal
ini dikarenakan adanya pergeseran trend bermain game dari game PC, Game
Browser, Game Console menuju ke game yang bisa dimainkan setiap saat,
kapanpun dengan mudah dan murah, yaitu game Mobile melalui media
smartphone.
Terkait dengan pertumbuhan yang sangat besar tersebut benua Asia
menjadi penyumbang income terbesar pada tahun 2014 yaitu mendekati $12
Milyar. Angka ini merupakan angka yang sangat fantastic mengingat
pendapatan gabungan dari benua Amerika dan Eropa hanya mendekati angka $ 6
Milyar.Indonesia sendiri karena termasuk di kawasan Asia Pasifik juga ikut
menyumbang income dari penggunaan mobile game. Pada tahun ini
Indonesia menjadi penyumbang Impression terbesar diregional Asia Pasific
Keunggulan utama dari Indonesia adalah populasi yang sangat besar,
dan 50% penduduk Indonesiaberada di usia di bawah 35 tahun, yang merupakan usia
konsumtif. Sehingga Indonesia merupakan pasar yang sangat besar
untuk distribusi game mobile, meskipun nilai ARPU (Average
Revenue Per User) diIndonesia masih tergolong rendah.Di Indonesia sendiri masih
di bawah Malaysia dan Singapura untuk ARPU yaitu di kisaran $ 1.25 ,
namundemikian jumlah pemain yang sangat signifikan menjadikan Indonesia adalah
target pasar yang sangat potensial di tahun 2015.
Dalam dunia game mobile, Indonesia memiliki sesuatu yang unik dan
berbeda dibandingkan dengan negara lain. Keunikan Indonesia adalah dalam
hal platform bermain, diversity pemain, elemen media sosial dan
media driving, dan kecenderungan bermain.Dari database terakhir yang diperoleh
terdapat sekitar 236,8 juta pelanggan seluler yang terdaftar diIndonesia dan 47
juta pelanggan aktif. Dari jumlah tersebut platform atau operating sistem yang
palingbanyak digunakan adalah platform Android. Perkembangan gadget berbasis
Android di Indonesia meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun.
Menurut survei dari Strategy Analitics, Android mampu menguasai 78,9
persen pasar dan iOS hanya mampu merangkul 15,5 persen di tahun 2013.Penggunaan
Android sebagai platform mobile phone berpengaruh pada pilihan game yang tersedia
di Playstore, sistem pembayaran dan perilaku pemaian.
Android memiliki share pasar yang cukup besar dan dominan, akan
tetapi total ARPU yang dihasilkan oleh platform android jauh dibawah
platform iOS, hal ini dikarenakan oleh banyaknya pilihan game yang terdapat
dalam platform android, yang memudahkan pemain Indonesia untuk memilih game
yang pada umumnya gratis.
Players Diversity
Indonesia memiliki kebudayaan dan sikap personal yang sangat
berbeda satu dengan yang lain.Perbedaan ini membawa perbedaan kecenderungan
dalam memilih jenis permainan. Ada beberapa poinyang menjadi salah satu ciri
khas secara umum untuk pemain game di Indonesia yaitu :
1.
Suka dengan game gratis
2.
Tetapi tidak menyukai iklan yang ada
di dalam game gratis tersebut (dianggap mengganggu)
3.
Membeli game, atau membeli item
di dalam game, hanya dilakukan oleh sedikit sekali pemain(walaupun sedikit itu
bisa berarti banyak, mengingat kuantitas pemain game di Indonesia yangsangat
banyak)
4.
Jenis game yang dimainkan
sangat beragam dan dipengaruhi oleh trend
5.
Banyak yang belum sadar bahwa
jumlah developer lokal (game yang dihasilkan developer lokal)cukup banyak
Social Media, Trending dan
Media Driving
Media online saat ini terlalu berpengaruh dalam menentukan sebuah
trending dalam hal apapun termasuk dalam game. Indonesia menempati posisi
keempat negara dengan pengguna Facebookterbesar di dunia setelah
Amerika Serikat, Brazil dan India. Dan berada di posisi lima dalam ranking
pernegara dengan estimasi 29,4 juta pengguna Twitter. Dari Facebook, twitter
dan beberapa situs berita online sebuah sirkulasi distribusi game dapat
berkembang pesat.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar