Minggu, 05 November 2017

Yuk Baca Cara Untuk Mengurangi Angka Pengangguran di Indonesia



                 

Angka pengangguran yang tinggi bukan lagi hal baru di Indonesia, gan. Gak meratanya pendidikan yang didapat oleh masyarakat Indonesia jadi salah satu alasan kuat sulitnya mendapat lapangan kerja dan menimbulkan banyak banget pengangguran yang terlantar.

Pengangguran kan berarti gak punya pekerjaan sama sekali, hal ini bisa bikin seseorang gak punya penghasilan buat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Gak jarang juga karena hal ini, banyak pengangguran yang akhirnya melakukan tindak kriminal, kayak mencopet, menodong atau bahkan jadi pengedar narkoba demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Miris kan liatnya?

Karena itu, persoalan tentangpengangguran adalah hal yang seharusnya segera diatasi. Dari beberapa artikel yang gue baca, udah ada beberapa cara yang dilakuin pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia, beberapa diantaranya ada di bawah ini.

1. Menggalakan Program Pendidikan Gratis Yang Merata


Salah satu penyebab timbulnya pengangguran adalah karena tidak meratanya pendidikan yang didapat oleh masyarakat. Dengan adanya program pendidikan gratis ini diharapkan orang-orang yang tadinya gak punya ilmu pengetahuan bisa lebih belajar dan jadi pintar supaya kemampuannya bisa dipake buat kerja dan mencari penghasilan yang cukup.
Di Indonesia sendiri memang udah banyak sih program pendidikan gratis, tapi sejauh ini menurut penglihatan gue ya, gan. Masih ada beberapa daerah yang gak tersentuh dalam hal pendidikannya.

2. Mendirikan Lembaga Pendidikan Atau Pelatihan

Cara mengurangi angka pengangguran lainnya adalah dengan mendirikan tempat-tempat pelatihan keterampilan, misalnya kursus menjahit, pelatihan membuat kerajinan tangan, atau BLK (Balai Latihan Kerja) yang didirikan di banyak daerah.
Hal ini bertujuan supaya mereka punya keterampilan yang bisa dipake buat mencari kerja. Contohnya buat keahlian menjahit bisa diarahkan untuk melamar kerja ke perusahaan tekstil, atau bahkan membuka usaha jahit sendiri.

3. Mendukung Pembangunan Daerah

Banyaknya pembangunan disini, semakin membuka peluang bagi mereka yang gak punya kerjaan. Biasanya dari pembangunan tersebut perusahaan bakal mencari banyak tenaga kerja, misalnya aja untuk pekerja proyek pembangunannya, sales/marketing, bagian keamanan dan lain sebagainya.
Salah satu pembangunan yang lagi gencar-gencarnya dilakukan adalah pembangunan mega proyek Meikarta yang dikembangkan oleh Lippo Group. Sejak opening, Meikarta menyaring banyak pencari kerja untuk jadi sales/marketing, belum lagi kalo nanti banyak pusat bisnis baru yang tumbuh dan berkembang di sana seperti mall, hotel, rumah sakit dan lain sebagainya, pasti bakal menyaring banyak banget tenaga kerja untuk berbagai macam bidang. Gak Cuma dari Meikarta aja, tapi kebanyakan kalau ada proyek properti gini pasti perusahaan cari banyak karyawan buat bantu penjualan atau pemasarannya. Menurut gue ini salah satu contoh paling nyata buat mengurangi angka pengangguran, lho.

4. Bantuan Kredit Untuk Modal Usaha

Pemerintah diharapkan bisa mendirikan suatu lembaga bantuan kredit atau langsung bekerja sama dengan bank-bank tertentu di beberapa daerah untuk memberikan kredit pada masyarakat yang kurang mampu. Kredit tersebut diharapkan dapat membantu mereka untuk mendirikan suatu usaha. Misalnya nih, agan jualan ayam goreng saban* atau yang sejenisnya. Nanti kalo usaha agan maju, malah bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain, karena kita gak mungkin ngerjain semua sendirian nantinya.

Itulah beberapa contoh cara mengatasi pengangguran yang menjadi salah satu masalah besar di Indonesia. Pengangguran adalah hal buruk yang harus segera diatasi di Indonesia, agar segala dampak negatifnya pun bisa dihindari secepat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill Ke 4 : Pengantar Komputasi Modern

TUGAS PENGANTAR KOMPUTASI MODERN “RANGKUMAN TENTANG BIOINFORMATIKA” Nama                            : Abiyoso Wahyu Rahardjo Putro...