Minggu, 05 November 2017

RESUME OS Windows versi 1.0, 2.0, 2.1, XP dan logo

RESUME OS Windows versi 1.0, 2.0, 2.1, XP dan logo

1.    Filosofi logo windows

Ternyata Bentuk jendela merupakan identitas windows itu tersendiri
Sedangkan warna 4 warna yang tergabung pada logo windows memiliki arti tersendiri. Terinspirasi dari kepribadian manusia yang terbagi menjadi 4 tipe kepribadian, maka dilambangkan dengan warna.
  1. Kuning, melambangkan kepribadian orang visioner, orang bertipe kepribadian ini adalah orang yang memiliki pandangan jauh ke depan dan mimpi yang tinggi. Namun, sometime mereka melihat mimpi itu terlalu jauh, tanpa berpijak pada kenyataannya.
  2. Merah, melambangkan tipe kepribadian pengendali. Orang bertipe kepribadian ini memiliki kecendruangan mengendalikan dan mengatur orang lain. Biasanya orang ini memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga bisa mengendalikan orang lain. Orang bertipe pengendali ini memiliki keterkaitan dengan orang visioner. Orang bertipe pengendali berperan sebagai pelaksana, mengatur cara agar mimpi yang dimiliki orang bertipe visioner bisa terlaksana.
  3. Hijau melambangkan tipe kepribadian rapi. Orang yang memiliki kepribadian rapi, maka akan selalu menjaga kerapiannya.
  4. Biru, melambangkan kepribadian lem. Seperti lem, orang yang bertipe kepribadian ini memiliki kemampuan untuk merekatkan hubungan, misalnya merekatkan antara satu kelompok dengan kelompok lain. Orang bertipe ini mudah bergaul dan membaur dengan orang lain. Dengan menyatukan keempat “warna” tersebut dalam satu framework, sehingga terjadilah suatu perusahaan sebesar “windows”.

2.    Windows 1.0, 2.0 dan 2.1
a.    Windows 1.0
Tanggal Rilis Pertama
 : 20 November 1985
Developer
 : Micrososft Inc.
Versi terakhir
 : Windows 1.0.4 , April 1987
Kode Sumber
 : Tertutup
Lisensi
 : Diperjual-belikan
Berhenti didukung
 : 31 Desember 2001

 
Windows 1.0 adalah sebuah jenis sistem operasi komputer 16-bit yang dikeluarkan oleh Microsoft Corp. pada tanggal 20 November 1985. Windows 1.0 adalah versi pertama dari sistem operasi Windows, setelah munculnya Microsoft Dos. Windows 1.0 diperjualbelikan sejak tanggal 20 November 1985, dan berhenti di-update dan di-support oleh Microsoft Corp.
          Sejarah dan Versi
Windows 1.0 memiliki 4 versi. Windows 1.0 pertama dirilis pada tanggal 20 November 1985, dengan versi pertamanya, Windows 1.0.1. Sekitar setengah tahun kemudian, tepatnya bulan Mei 1986, dirilisnya Windows 1.0.2. 2 Versi tersebut masih belum memiliki kemajuan. Namun, pada bulan Agustus 1986, muncullah Windows 1.03 yang membawa kemajuan. Windows 1.0.3 telah memiliki kecocokan driver untuk keyboard merk Eropa, layar yang lebih bagus dan driver untuk printer.
Versi terakhir, Windows 1.0.4, dirilis pada bulan April 1987. Dengan keunggulan kompatibel dengan komputer IBM PS/2, namun, belum memiliki VGA Graphics Mode.
Namun, karena perkembangan pasaran Windows 1.0 yang lambat, Microsoft dan IBM mengadakan kerjasama dan mengumumkan untuk meluncurkan komputer sistem operasi baru, yang bernama OS/2, yang rencananya akan menggantikan Microsoft DOS dan Windows. Namun, beberapa bulan kemudian, Microsoft memutuskan hubungan kerja tersebut. dan OS/2 dikembangkan eksklusif oleh IBM.

Windows pun nyaris menghilang dari muka umum, namun, Microsoft kembali mengembangkannya. Dan pada tanggal 9 Desember 1987, Microsoft Inc. merilis Windows 2.0 yang mana berhasil berkembang di pasar dunia berkat Windows 1.0. Dan akhirnya, pada tanggal 31 Desember 2001, kedua sistem operasi Windows tersebut berhenti dikembangkan oleh Microsoft Inc. dan berlanjut di Windows 3.0.

Windows 1.0 tercatat dalam sejarah Microsoft sebagai sistem operasi komputer yang paling lama dikembangkan oleh Microsoft, selama 16 tahun. Lebih lama dari seluruh pengembangan sistem MS-DOS dan versi Windows lainnya.

Fitur

Windows 1.0 menyediakan program yang kompatibel dengan MS-DOS dan program yang diprogram dengan bahasa binary dengan bahasa sumber yang memiliki ekstensi besar.
Screenshot dari Windows 1.0.1
Windows 1.0 juga kompatibel dengan file Extreme atau .exe, sebagaimana versi MS-DOS sebelumnya. Namun, dalam Windows 1.0, file Extreme harus diformat terlebih dahulu dalam jenis "New Executable" ( NE ), agar kode dan datanya dapat diproses.
Aplikasi dalam komputer harus mencukupi Random Access Memory ( RAM ) agar bisa dijalankan. Dan juga, Windows 1.0 juga memiliki driver awal yang asli untuk Mouse, Printer, Keyboard, dan API.


b.    Windows 2.0
Tanggal Rilis Pertama
 :  9 Desember 1987
Developer
 : Micrososft
Versi terakhir
 : Windows 1.0.4 , April 1987
Kode Sumber
 : Tertutup
Lisensi
 : MS-EULA
Berhenti didukung
 : 31 Desember 2001








Microsoft Windows 2.0 merupakan versi kedua dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada 9 Desember 1987 akibat kurang suksesnya Windows versi 1.0. Sebab Windows 1.0 kurang sukses adalah karena kurangnya aplikasi yang mendukung Windows 1.x.
Sejarah dan Versi
                         Ini merupakan sistem operasi windows seri kedua sebagai generasi penerus dari sistem operasi yang sebelumnya. Resmi dirilis pada bulan 9 Desember 1987 akibat belum suksesnya windows versi 1.0. Windows 1.0 belum sukses karena kurangnya aplikasi yang mendukung windows 1.x. Windows 2.x telah mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesiikasi VGA. Sehingga nantinya dapat menampilkan resolusi hingga mencapai 640 x 480 pixel dengan kedalaman warna 4-bit (16 warna). Selain itu windows 2.x juga telah mendukung dalam penggunaan prosessor intel 80268.

Fitur

            Windows 2.x mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array), sehingga dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna). Selain itu, Windows 2.x juga mendukung penggunaan prosesor Intel 80286, prosesor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memori atau dikenal dengan protected mode meski tidak dapat melakukan switching kembali ke dalam real mode tanpa harus melakukan restart komputer. Pengguna dapat menjalankan program loader Windows yaitu berkas WIN.COM dengan tambahan switch /S untuk mode standar, dan /2 untuk mode 286.
            Ketika Intel telah meluncurkan prosesor Intel 80386 yang memiliki kemampuan protected mode dan juga dapat kembali ke dalam real mode, Microsoft pun meluncurkan Windows 2.03 for Intel 386 untuk mendukungnya. Versi Windows 2.03/386 dapat menjalankan banyak program DOS dalam MS-DOS Prompt yang dimilikinya. Karena fitur-fitur ini, banyak pengembang di luar Microsoft mengembangkan software yang mendukung Windows 2.x, seperti Corel Draw dan Adobe PageMaker. Microsoft pun mengeluarkan Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows


c.    Windows 2.1
Tanggal Rilis Pertama
 : 9 Desember 1987
Developer
 : Micrososft
Versi terakhir
 : Windows 2.0.
Kode Sumber
 : Tertutup
Lisensi
 : MS-EULA
Berhenti didukung
 : 31 Desember 2001

 
           Selanjutnya, dua versi yang baru dirilis, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Seperti halnya versi Windows sebelumnya, Windows/286 menggunakan model memori modus real, tapi merupakan versi yang pertama yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386
Versi 2.03 dan kemudian versi 3.0 mendapatkan tuntutan dari Apple karena memang versi 2.1 ini memiliki modus penampilan jendela secara cascade (bertumpuk), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang "ditiru" oleh Windows, utamanya adalah masalah tampilan/look and feel. Hakim William Schwarzer akhirnya membatalkan semua 189 tuntutan tersebut, kecuali 9 tuntutan yang diajukan oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 Januari 1989''



Kelebihan windows 2.1 :
·         1 memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS)
·         Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386. 
                                                Screenshot windows 2.1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill Ke 4 : Pengantar Komputasi Modern

TUGAS PENGANTAR KOMPUTASI MODERN “RANGKUMAN TENTANG BIOINFORMATIKA” Nama                            : Abiyoso Wahyu Rahardjo Putro...