Minggu, 05 November 2017

REVIEW WEBSITE RESMI PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

BAB I                                            Pendahuluan

REVIEW WEBSITE RESMI PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA







1.1
Adapun Visi dan Misi portal jakarta.go.id adalah sebagai berikut:
Visi: “Sebagai Portal Resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Memberikan Pelayanan Data dan Informasi Kepada Masyarakat Guna Mewujudkan Jakarta Nyaman dan Sejahtera Untuk Semua”
Misi:
1.    Memberikan Data dan Informasi Secara Tepat dan Akurat.
2.    Melayani Masyarakat dengan Prinsip Pelayanan Prima Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.
3.    Membangun Infrastruktur Portal yang Terintegrasi Dengan Perangkat Teknologi Lainnya.

1.2
            Dalam artikel ini, akan dibahas tentang fitur-fitur yang ada di dalam portal resmi pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Seperti yang sudah dicanangkan oleh Bapak Joko Widodo saat menjadi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, bahwa Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan sistem E-Government. SIstem E-Government yang diterapkan pada pemerintahan Provinsi DKI Jakarta terebut yaitu keterbukaan informasi pemerintahan seperti Anggaran dan Pendapatan serta Belanja Daerah (APBD), kegiatan pemerintah, serta program-program pemerintahan. Selain itu juga Provinsi DKI Jakarta menerapkan sistem pelayanan perizinan terpadu satu pintu, dimana untuk mengajukan perizinan seperti izin usaha hanya dilakukan melalui satu tempat secara online yaitu portal resmi pemerintah DKI Jakarta.

           
            Informasi dasar yang ada di dalam website resmi pemerintah DKI Jakarta tentu saja profil daerah Ibukota Jakarta serta pemerintahannya. Sejarah Jakarta hingga letak geografis dan demografi tersaji dengan lengkap. Informasi pemerintahan seperti lambang daerah, hingga tata kelola pemerintahan juga tersampaikan dengan baik melalui website tersebut.

            Informasi lain yang dapat menunjang pendapatan daerah yaitu bidang pariwisata. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaruh perhatian khusus dalam hal ini. Sehingga bidang pariwisata memiliki kolom khusus dalam websitenya. Informasi pariwisata seperti hotel dan akomodasi, tempat belanja, lokasi hiburan dan kesenian, kalender kegiatan event, kuliner, hingga trayek transportasi umum tersaji dengan baik. Diharapkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Jakarta hanya perlu menyusun rencana perjalanan dengan informasi tersebut.
            Penerapan sistem pelayanan perizinan terpadu dalam satu pintu juga bertujuan untuk mempermudah investor melakukan kegiatan bisnisnya di Jakarta. Sehingga Provinsi DKI Jakarta diharapkan dapat semakin maju dan berkembang. Oleh karena itu semua informasi mengenai persyaratan dan perizinan tersaji didalam website ini. Mulai dari insentif yang diberikan pemerintah, informasi kawasan bisnis, hingga layanan untuk melakukan perizinan secara online tersedia disini.

            Tujuan utama E-Government tentu saja keterbukaan informasi pemerintahan kepada masyarakat serta otomatisasi pelayanan sehingga dapat diproses lebih cepat. Informasi mengenai realisasi anggaran pemerintah dapat diketahui dan di unduh oleh masyarakat umum. Selain itu, pelayanan yang terkait dengan bagian kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), pelayanan jaminan pendidikan (KJP), pelayanan pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan secara online melalui website resmi pemerintah DKI Jakarta tersebut. Hal ini tentu saja meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan.
            Secara keseluruhan, informasi mengenai pemerintahan Provinsi DKI Jakarta tersaji lengkap di dalam website resminya. Tentu saja pemerintah DKI Jakarta harus dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Sehingga diharapkan dapat terjadi hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat di Provinsi DKI Jakarta.


Bab 2

Kelebihan Website Jakarta.go.id :
1.    Kemudahan dalam mencari informasi yang berhubungan dengan pemerintahan DKI Jakarta.
2.    Website sangat menarik bagi para user mencari informasi tentang kota Jakarta.
  1. Kontak yang bisa dihubungi yang bertujuan untuk menangani masalah yang ada atau keluhan pada Pemerintah DKI Jakarta.     
4.    Pilihan pilihan yang tertera pada website tersusun rapih sesuai bidangnya masing – masing.
  1. Adanya laporan keunganan (APBD) pada Pemerintah DKI Jakarta yang bisa langsung di download dengan ekstensi .pdf.
  2. Dilengkapi dengan Kilas Jakarta, Tentang Jakarta dari mulai geografis, demografi dan masih banyak lagi, selain itu ada Program Kerjanya dan lain-lain.
  3. Loading saat membuka website cepat.
  4. Informasi yang lengkap dan terkini. Berita yang ditampilkan diupdate secara terkini.
Kekurangan Website Jakarta.go.id :
  1. Tidak adanya link yang tertuju ke media sosial seperti Facebook yang nantinya bisa diikuti oleh pengguna media sosial sehingga memudahkan mencari informasi.
  2. Tidak memilik timeline video kegiatan yang diunggah ke Youtube dengan tanggal yang diperbarui.


BAB 3                                                Penutup
Kesimpulan :
            Website pemerintah DKI Jakarta merupakan salah satu website pemerintah yang baik dalam fitur maupun design. Berita ter-update sesuai jakarta saat ini. Kemudahan untuk mencari informasi mengenai sejarah, pariwisata, struktur organisasi, kegiatan gubernur, dam lain-lain. 
            Situs jakarta.go.id terus melakukan perbaikan dan penambahan informasi. Baik dari seg icontent maupun pengembangan aplikasi, sehingga diharapkan ke depannya masyarakat dapat menjadikan “ akarta.go.id ” sebagai sumber yang terpercaya dalam mencari informasi seputar DKI Jakarta, dan agar “ jakarta.go.id ” dapat menjadi portal utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi tentang DKI Jakarta.










DAFTAR PUSTAKA

ü http://www.jakarta.go.id/

ü http://www.jakarta.go.id/v2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill Ke 4 : Pengantar Komputasi Modern

TUGAS PENGANTAR KOMPUTASI MODERN “RANGKUMAN TENTANG BIOINFORMATIKA” Nama                            : Abiyoso Wahyu Rahardjo Putro...