Minggu, 05 November 2017

Kalau Motor MotoGP Crash, Berapa Biaya Servisnya?



Dunia MotoGP sudah pasti identik dengan biaya-biaya yang fantastis di dalamnya. Mulai dari harga motor hingga gaji pebalapnya yang super.

Harga satu motor saja bisa dibanderol puluhan miliar, itu baru sekadar protoype saja, belum lagi biaya-biaya lainnya yang membuat harga semakin tinggi. Namun bagaimana jika motor-motor tersebut rusak? Butuh biaya berapa membetulkannya ya?

Seperti yang diungkapkan kepala mekanik Cal Crutchlow, Christophe Bourguignon, biaya membetulkan setiap motor yang rusak pastinya tidak murah.

"Tak ada standar khusus pada setiap motor MotoGP. Semua komponen memang mahal," ujar Bourguignon seperti dilansir Motorcyclesports,

Biaya tersebut disebutkan Bourguignon berkisar antara 15.000 euro hingga 100.000 euro. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 236 juta hingga Rp 1,5 miliar, biaya yang cukup tinggi.



"Jika beruntung, beberapa komponen kecil bisa kita ganti namun kalau tidak cocok bisa-bisa malah menimbulkan masalah lain. Maka kami memiliki beberapa versi motor ada yang untuk latihan dan untuk balap," tambah Bourguignon.

"Motor bisa saja mengalami kerusakan sekali atau dua kali dan bisa saja itu menjadi titik awal masalah bagi kami. Memesan komponen ke prinsipal bisa membutuhkan waktu lama sekitar 5-6 minggu," tuturnya.


Untuk satu ban juga banderol harga cukup tinggi sekitar 4.000 Euro yang sama dengan Rp 63 jutaan. Sementara radiator harganya bervariasi namun termahal bisa dijual seharga 10.000 Euro.



Berapa kocek paling banyak yang agan keluarin buat service tungangan agan?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill Ke 4 : Pengantar Komputasi Modern

TUGAS PENGANTAR KOMPUTASI MODERN “RANGKUMAN TENTANG BIOINFORMATIKA” Nama                            : Abiyoso Wahyu Rahardjo Putro...