PROPOSAL PERENCAANAAN
PERUSAHAAN “Dark Fiber”
Menyediakan Layanan
Jaringan (ISP)
Anggota:
Abiyoso Wahyu Rahardjo (50416037)
Fakhri Wicaksono (52416584)
Kristiyanto Halim (53416958)
Sulistyo Aji Wibowo (57416176)
Tegar Kamarulzaman (57416336)
Wibowo Bayu Aji (57416618)
PROGRAM STUDI
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur yang
sebesar-besarnya penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas
rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan proposal rencana pendirian
perusahaan yang bernama “Dark Fiber” dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Dalam kesempatan ini
perkenankan kami menyampaikan ucapan terima kasih atas segala dukungan dan
bantuan yang diterima, sehingga dapat menyelesaikan proposal ini. Dan
perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Orang tua yang senantiasa memberikan doa
dan dukungan.
2.
Ibu Jamilah selaku dosen matakuliah
softskill kami yang mana telah memberikan sumbang saran baik moril maupun
materil.
3.
Rekan-rekan anggota kelompok yang
senantiasa bekerja sama dalam penyelesaian proposal ini.
4.
Dan pihak-pihak lain yang tidak dapat
penulis sebutkan satu per satu.
Adapun maksud
dan tujuan penyusunan
proposal ini adalah
untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai apa yang dibutuhkan,
atau perencanaan usaha yang akan digunakan untuk mendirikan usaha yang
menyediakan layanan jaringan (ISP). Selain maksud tersebut, proposal ini juga
ditujukan untuk memenuhi kriteria persyaratan dalam mencapai target tugas mata
kuliah softskill.
Kami selaku crew PT. Dark
Fiber menyadari bahwa dalam penyusunannya, proposal ini masih banyak terdapat
kekurangan dan jauh dari sempurna, maka dari itu kami mengharapkan adanya respon
dari pembaca baik
berupa kritik maupun
saran yang bersifat membangun untuk menyempurnakan dalam
menyusun proposal selanjutnya.
Bekasi, 18 December 2019
Crew PT. Dark Fiber
DAFTAR ISI
Hal.
Kata Pengantar................................................................................................ 2
Daftar Isi........................................................................................................... 3
Executive Summary......................................................................................... 5
BAB I PENDAHULUAN
1.1.Identitas
Perusahaan......................................................................... 6
1.2.Bidang
Usaha dan Bentuk Hukum Usaha........................................ 6
1.3.Visi
dan Misi Perusahaan................................................................. 6
1.3.1. Visi................................................................................. 6
1.3.2. Misi................................................................................. 6
1.4.Tujuan
dan Sasaran Perusahaan....................................................... 6
1.5.Analisis
Kompetisi SDM................................................................. 7
1.6.Rencana
Pengembangan Usaha....................................................... 8
1.7.Keberhasilan
Usaha......................................................................... 8
1.8.Analisa
SWOT................................................................................. 8
1.8.1. Strength
(Kekuaran)....................................................... 8
1.8.2. Weakness
(Kelemahan).................................................. 9
1.8.3. Opportunity
(Peluang).................................................... 9
1.8.4. Treath
(Ancaman).......................................................... 9
BAB II ASPEK PASAR DAN
RENCANA PEMASARAN
2.1.
Gambaran Umum Pasar.................................................................. 10
2.2.
Analisa Pemasaran.......................................................................... 10
2.2.1. Konsumen........................................................................ 10
2.2.2. Perkiraan Jumlah Permintaan (Konsumen)...................... 11
2.2.3. Strategi Pemasaran........................................................... 11
2.2.4. Analisis Pesaing............................................................... 12
2.2.5 Peluang Usaha................................................................... 13
BAB III ASPEK PRODUKSI
3.1. Produk dan Jasa............................................................................... 14
3.2. Proses Produksi............................................................................... 14
3.3. Jumlah Tenaga Kerja....................................................................... 15
3.3.1. Manager............................................................................ 15
3.3.2. Sekertaris.......................................................................... 16
3.3.3. Bendahara........................................................................ 16
3.3.4. Teknisi.............................................................................. 16
3.3.5. Customer Service............................................................. 16
BAB IV ASPEK KEUANGAN
4.1. Rencana Anggaran Biaya................................................................ 17
BAB V PENUTUP
5.1. Kesimpulan...................................................................................... 19
5.2. Saran................................................................................................ 19
Executive Summary
Teknologi Informasi
sangatlah penting bagi
kalangan dewasa, remaja maupun anak-anak. Karena
sangatlah bermanfaat pada
era globalisasi sekarang
ini. Contohnya seperti internet yang
mempermudah untuk mencari
informasi yang kita butuhkan.
Sebuah website pun banyak
kita jumpai diinternet,
seperti website perusahaan,
sekolah, acara televisi, band, dan
lain-lain.
Dengan berkembangnnya sistem
informasi pada era
globalisasi ini teknologi
semakin maju, dan semakin canggihnya
teknologi dalam dunia komputer maka semakin pesat pula
penemuan – penemuan
baru yang diciptakan
oleh para pakar
dan ahli komputer. Dilihat
dari hal tersebut
maka mendorong banyak
orang untuk terjun
dalam bidang komputer. Disamping
penggunaannya yang dapat
membantu sistem kerja,
juga dapat memberikan wawasan yang lebih luas. Maka para ahli selalu
terus dan terus
menciptakan sesuatu yang
baru sehingga terjadi
suatu persaingan diberbagai bidang. Salah satunya kini dalam bidang
jaringan dan internet.
Internet
dipakai disegala bidang mulai dari aplikasi handphone, aplikasi komputer,
website, game online, televisi, berita, maupun digunakan untuk mencari
informasi tentang suatu hal dengan cepat dan efisien. Dari data diatas dapat
disimpulkan bahwa pendirian perusahaan penyedia jaringan internet memiliki
peluang yang bagus, karena masih belum terdapat banyak perusahaan jaringan.
Namun perlu diberi perhatian ekstra untuk mengembangkan perusahaan karena
terdapat perusahaan jaringan yang sudah lebih dikenal masyarakat luas.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Identitas Perusahaan
Usaha yang akan dibangun ini
bernama Dark Fiber, Pemilihan nama di ambil dari salah satu jenis kabel
jaringan yang sekarang banyak digunakan karena memiliki kecepatan yang tinggi,
sehingga menjadikan nama lebih familiar dan mudah di ingat serta tetap trendy
dan modern dalam penyedia layanan Internet Rumahan, Perkantoran dan lingkungan
Pendidikan.
1.2 Bidang Usaha dan Bentuk Hukum Usaha
Badan usaha yang kami dirikan
ini baru dan belum mempunyai badan hukum yang tatap, namun dalam
perkembangannya nanti kami akan mengajukan pembuatan NPWP agar kami mempunyai
badan hokum yang tetap. Untuk Kecepatan yang ditawarkan akan dilakukan
penyesuaian dengan provider lain agar terhindar dari masalah aturan bisnis yang
berlaku.
1.3 Visi dan Misi Perusahaan
1.3.1
Visi
Visi dari Internet Service Provider Dark Fiber ini adalah :
Menjadikan Dark Fiber sebagai usaha
Internet Service Provider yang memiliki 3K yaitu, Ketepatan, Kecepatan dan
Kepastian dari setiap produk layanan internetyang ditawarkan kepada pelanggan.
1.3.2
Misi
Misi yang diemban oleh Dark Fiber adalah menyediakan pelayanan
internet dengan kualitas jaringan internet yang terbaik.
1.4 Tujuan dan Sasaran Perusahaan
Selain mencari keuntungan yang
besar,tujuan dari bisnis Internet Service Provider ini adalah untuk memanfaatkan potensi yang ada,
meskipun sering kita jumpai jasa pembuatan desain web namum masih banyak
usahawan yang kurang memperhaatikan dalam proses kualitas dan kenyamanan
pelanggan dari produk yang dibuat.
Sasaran perusahaan untuk
pelanggan Internet Service Provider Dark Fiber adalah Rumahan, Perkantoran dan
lingkungan Pendidikan yang membutuhkan sebuah jaringan internet untuk
menyediakan layanan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga bisa
terhubung ke dalam jaringan internet, Sebagai perantara dalam menyediakan
sambungan internet, Menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi World
Wide Web (WWW), mengakses social media dan lain – lain sebagainya. Berikut
beberapa target pelanggan yang dipastikan perusahaan diantaranya adalah :
1.
Instansi / Lembaga
2.
Perusahaan/ Perkantoran
3.
Lingkungan Pendidikan
4.
Pebisnis online
5. Perumahan
6. Mall
1.5
Analisis Kopetensi SDM
Tim kami mempunyai Sumber Daya
yang cukup berkualitas untuk menjalankan usaha di bidang jasa Internet
Service Provider
(ISP) ini, di buktikan dengan pernah PKL pada
bidang-bidang IT dan jaringan s
erta mempunyai beberapa sertifikat kompetensi (terlampir). Beberapa skill yang
di kuasai oleh anggota tim
1. Menguasai Basic Hardware Networking. Misal: Switch/hub, Wireless, Acces
Point, dll.
2. Menguasai Basic IP dan Subnetting.
3. Mengelola dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung
network.
4. Mengelola perangkat network.
5. Memahami Routing dan Switching
6. Mencari sumber kesalahan di jaringan dan
memperbaikinya.
7. Mengelola network security.
8. Monitor dan mengelola
network security.
9. Teamwork
harus kuat.
10. Standby
Setiap Saat.
1.6 Rencana Pengembangan Usaha
Usaha ini akan terus kami kembangkan dengan semangat dan
komitmen yang kuat, bahkan kami akan membuka cabang baru di daerah-daerah yang
sangat dan memiliki peluang untuk usaha ini. Untuk modal pengembangan usaha
akan kami tambah dari modal sendiri serta kredit bank.
1. Merekrut Karyawan baru.
2. Mentraining karyawan baru untuk
ditempatkan pada Cabang baru nantinya
3. Saling berbagi ilmu dan saling
membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan
memantapkan strategi pemasaran kami.
1.7 Keberhasilan
Usaha
Kami
yakin usaha ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya di tentukan oleh
beberapa hal sebagai berikut:
1. Pelayanan Jasa kami yang ramah, cepat dan bertanggung jawab
2. Letak
yang strategis dalam mendirikan usaha yaitu di sekitar pusat kota
3. Keunggulan
layanan maintenance gratis dan layanan customer service 24 jam yang belum pernah di lakukan
pesaing sekitar
4. Anggota
tim yang mempunyai link dan partner yang cukup banyak
5. Kemampuan dan skill dari anggota tim yang sudah
mempunyai sertifikat
6. Harga
dari jasa yang di tawarkan cukup terjangkau untuk kalangan menengah
1.8 Analisa SWOT
1.8.1
Strength (Kekuatan)
Kekuatan
dari Internet
Service Provider (ISP) adalah :
1.
Menjual produk dan jasa untuk semua
kalangan masyarakat umum.
2.
Aksesoris produk lengkap.
3.
Memberikan garansi produk.
4.
Gratis biaya maintenance
5.
Memberikan pelayanan yang nyaman dan berkualitas.
6.
Pilihan paket layanan jasa yang beragam.
1.8.2
Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari Internet Service Provider (ISP) adalah :
1.
Untuk pemasangan jaringan hanya dapat
dilakukan secara offline atau langsung datang ke kantor.
2.
Adanya
manajemen pengelolah yang kurang rapi.
3.
Kemampuan SDM yang belum bisa memenuhi
keinginan konsumen.
4.
Karena masih menjadi usaha baru, promosi
yang dilakukan masih belum menyebar luas.
1.8.3
Opportunity (Peluang)
Peluang dari
usaha Internet
Service Provider (ISP) adalah :
1.
Tidak banyak perusahaan yang menyediakan
layanan internet service provider (ISP).
2.
Banyak yang mencari jasa internet service
provider (ISP) yang murah dan berkualitas.
3.
Harga layanan yang ditetapkan pesaing
cukup mahal.
1.8.4 Treath (Ancaman)
Ancaman yang
ada dari usaha Internet
Service Provider (ISP) adalah :
1. Banyaknya
penjual jasa
yang menawarkan fasilitas lebih lengkap.
2. Banyaknya
jumlah pelanggan tetap dan tingkat kepercayaan konsumen dari penjual jasa internet service provider
(ISP) yang lain.
BAB II
ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
2.1
Gambaran Umum Pasar
Untuk
saat ini jumlah prospek pasar dibidang pembuatan jasa internet service provider
(ISP) masih sangat luas, oleh karena itu kami berfokus pada daerah bekasi dan
sekitarnya dimana kami melihat kebutuhan akan internet service provider untuk
berbagai kalangan ataupun perusahaan masih cukup tinggi.
2.2
Analisa Pemasaran
2.2.1
Konsumen
a. Sasaran Utama Konsumen
1. Mahasiswa yang
membutuhkan layanan internet untuk menunjang kebutuhan perkuliahan nya.
2. Perusahaan-perusahaan
baik kecil, menengah, ataupun besar yang membutuhkan layanan internet untuk
menunjang kebutuhan bisnis nya.
3. Masyarakat sekitar yang
membutuhkan layanan internet.
b. Perkiraan jumlah
Persediaan Produk dan Jasa
Berikut ini merupakan jumlah persediaan produk dan
jasa pada bulan ke 1 dihitung dari awal pendirian usaha, dimana data nya
tertuang dalam bentuk tabel di bawah ini:
Produk
dan Jasa
|
Jumlah
|
Tower Triangle
|
1
|
Akses Point
|
5
|
Router
|
1
|
Switch 24 Port
|
1
|
Antena Grid 24 DB
|
4
|
Antena Omni
|
1
|
Kabel UTP
|
1
|
Toolkit(Obeng, Tang, dll)
|
1
|
Laptop
|
1
|
Sewa Lahan
|
1
|
Listrik
|
1
|
Alat-Alat Listrik
|
1
|
Wireless Client(User)
|
50
|
Meja
|
1
|
Rak Server
|
1
|
Bandwidth
|
1
|
2.2.2 Perkiraan Jumlah
Permintaan(Konsumen)
Dari data persediaan produk dan jasa di atas dapat di
perkirakan jumlah permintaan dan penawaran setiap bulan nya dari konsumen
dengan data sebagai berikut:
Bulan ke 1 sampai bulan
ke 6 :
Produk
dan Jasa
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
Permintaan
|
Total
|
Pemasangan di rumah pelanggan
|
Rp350.000,00
|
50
|
Rp17.500.000,00
|
Biaya Langganan
|
Rp100.000,00
|
50
|
Rp5.000.000,00
|
Pemasangan di perusahaan
|
Rp1.500.000,00
|
50
|
Rp75.000.000,00
|
Biaya Langganan
|
Rp100.000,00
|
50
|
Rp5.000.000,00
|
Biaya Pemasangan
|
Rp.100.000,00
|
100
|
Rp10.000.000,00
|
Total
|
Rp112.500.000,00
|
2.2.3
Strategi Pemasaran
a.
Keterangan Produk
Produk yang akan dijual dikhususkan
pada pelayanan jasa dimana pelayanan jasa ini dilakukan oleh pegawai kami yang
sudah memiliki keterampilan di bidang nya.
b. Keunggulan Produk dan
Jasa
Keunggulan apabila
berlangganan dengan kami adalah gratis biaya maintenance setiap bulan nya serta
mendapatkan garansi kepuasan pelanggan selama 1 bulan.
c. Harga Produk
Harga produk yang kami
tawarkan bergantung pada tingkat atau level permintaan dari konsumen, namu
semua harga yang kami tawarkan pasti dapat dijangkau oleh konsumen.
d. Jalur Penjualan
Penjualan produk dan jasa
kami lakukan secara online dan melalui brosur-brosur.
e. Promosi
Untuk langkah promosi kami
lakukan melalui media sosial maupun melakukan promosi secara door to door.
f. Garansi
Setiap penjualan jasa yang dilakukan akan kami berikan
masa garansi kepuasan pelanggan selama 1 bulan.
2.2.4. Analisis Pesaing
a. Tahap
Survey Pesaing
Adapun tahap survey yang kami lakukan
untuk meninjau pesaing di sekitar lokasi usaha yang akan kami lakukan yaitu
dengan cara meninjau langsung lokasi pesaing dan mencari informasi dari
masyarakat sekitar yang sudah menjadi konsumen dari perusahaan pesaing
b. Jumlah
Pesaing
Dari survei yang kami lakukan ada
beberapa penyedia ISP yang ada di daerah bekasi, yaitu :
Nama Perusahaan
|
Telcom
|
YourRepublic
|
Indihouse
|
Second Media
|
c. Keunggulan
dan Kekurangan Pesaing
Dari data yang kami kumpulkan ada
beberapa kelebihan dan kekurangan pesaing Kelebihan :
1. Pilihan
layanan lengkap
2. Kualitas
layanan cukup baik
3. Jumlah
pelanggan tetap yang sudah banyak
4. Tingkat
kepercayaan konsumen yang sudah tinggi
5. Modal
yang besar
Kekurangan
:
1. Harga
layanan cukup mahal
2. Semua
bentuk pelayanan jasa mempunyai nilai bayar
3. Penanganan
keluhan rumit dan memakan waktu
2.2.5. Peluang Usaha
Dari beberapa kekurangan yang ada pada pesaing, maka
kami bisa melihat peluang pasar yang
cukup menguntungkan, dimana untuk menarik pelaggan kami menyediakan
layanan internet dengan harga yang sangat terjangkau. Kami juga mengutamakan
kualitas jaringan kami serta pelayanan keluhan pelanggan. Kami memanfaatkan
social media untuk melakukan strategi pemasaran dengan target pengguna media
social yang membutuhkan layanan internet murah. Hal inilah yang akan membuat
peluang pasar kami di daerah bekasi menjadi cukup bagus, terutama untuk para mahasiswa
yang sering mengalami masalah keuangan serta masyarakat dan perusahaan yang
membutuhkan layanan internet dengan harga yang terjangkau.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
3.1. Produk dan Jasa
Jenis layanan jasa yang akan kami tawarkan pada usaha ISP :
a.
Pemasangan Jaringan Internet
-
Pemasangan Jaringan untuk Rumah / Pribadi
-
Pemasangan Jaringan untuk Perusahaan
b.
Pelayanan Keluhan dan Upgrade Layanan
-
Pelayanan Keluhan Pelanggan
-
Upgrade Layanan Jaringan Internet
3.2. Proses Produksi
a.
Pemasangan Jaringan Internet
Adapun
teknis dalam pelakasaan pemasangan jaringan internet adalah sebagai
berikut
:
1. Konsumen
datang ke kantor kami untuk mengisi formulir data diri atau konsumen juga bisa
mengisi form pendaftaran yang ada pada website resmi perusahaan kami.
2. Konsumen
memasukkan alamat rumah atau perusahaan yang akan dipasang layanan internet.
3. Konsumen
memilih pilihan paket layanan internet yang disediakan oleh perusahan kami.
4. Dalam
waktu maximal 48 jam dari pendaftaran teknisi kami akan mendatangi alamat
konsumen untuk melakukan pemasangan layanan internet.
5. Seluruh
biaya pemasangan dapat konsumen bayarkan melalui teknisi yang memasang layanan
internet.
b.
Pelayanan Keluhan Pelanggan
1. Konsumen
menghubungi customer service kami yang nomornya telah tertera pada website
remsi perusahaan kami.
2. Konsumen
memberikan data diri, alamat serta keluhan kepada petugas customer service
kami.
3. Dalam
waktu maximal 48 jam, teknisi kami akan mendatangi alamat konsumen untuk
melakukan perbaikan.
4. Seluruh
perbaikan yang dilakukan tidak dipungut biaya.
c.
Upgrade Layanan Jaringan Internet
1. Konsumen menghubungi customer service kami yang
nomornya telah tertera pada website resmi perusahaan kami.
2. Konsumen
memberikan data diri, alamat serta memilih paket yang ingin diupgrade pada customer
service kami.
3. Dalam
waktu maximal 48 jam, teknisi kami akan mendatangi alamat konsumen untuk
membantu mengupgrade layanan internet.
4. Untuk
upgrade layanan internet konsumen hanya perlu membayar sebesar Rp. 75.000 untuk
biaya pengantian alat dan admistrasi.
d.
Bahan Baku
Adapun
bahan baku yang kami gunakan adalah sebagai berikut :
Bidang
Produksi
|
Bahan
Baku
|
Pemasangan
Jaringan Internet
|
Akses
Point
Wireless
Client
Kabel
UTP
Toolkit(Obeng,
Tang, dll)
|
3.3
Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Jasa Internet Service Provider
ini sebanyak 5 pekerja yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing
sebagai berikut :
3.3.1 Manager
- Melakukan monitoring / kontrol terhadap perkembangan
usaha
- Memberi perintah / tugas kerja kepada Bagian-bagian
- Melayani konsumen yang melakukan perbaikan dan
permintaan jasa
- Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yang
bertanya secara online
- Melakukan kontrak/ kerjasama dengan pihak vendor
sebagai penyedia produk
3.3.2 Sekretaris
- Mencatat semua transaksi.
- Menyimpan dan mengarsipkan setiap faktur
- Bertanggung jawab kepada manager
- Menerima Job Sheet dari konsumen
- Membuka dan menutup Toko / Kios
- Melakukan Promosi
- Menata barang
3.3.3 Bendahara
- Mencatat uang masuk dan keluar kantor
- Membuat laporan keuangan
- Mengelola keuangan kantor
- Memegan rekening kantor
- Pembayaran dan pembelian barang dan jasa
- Pemabayaran gaji karyawan
- Membuka dan menutup Toko / Kios
- Melakukan Promosi
3.3.4 Teknisi
- Memperbaiki setiap masalah konsumen yang masuk
- Melakukan pembelian terhadap barang produksi
- Melakukan meintenance service
- Mengelola perkakas untuk service
- Melakukan perbaikan secara indoor maupun outdoor
- Membuka dan menutup Toko / Kios
- Melakukan Promosi
- Menata barang
3.3.5 Customer Service
- Melayani setiap konsumen yang masuk
- Menangani keluhan konsumen
- Menyampaikan keluhan konsumen ke teknisi
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
4.1
Rencana Anggaran Biaya
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar
Rp84.795.000 (Delapan empat puluh juta tujuh ratus sembilan puluh lima ribu
rupiah) dengan rincian sebagai berikut :
No
|
Kebutuhan
|
Banyak
|
Satuan
|
Harga/satuan
|
Jumlah
|
Tahap Awal
|
|||||
1
|
Sewa
Toko
|
1
|
Tahun
|
Rp6.000.000
|
Rp6.000.000
|
2
|
Etalase
150cm x 50cm x 100cm
|
1
|
Unit
|
Rp1.100.000
|
Rp1.100.000
|
3
|
Cat
Dinding
|
3
|
Kaleng
|
Rp45.000
|
Rp135.000
|
4
|
Alat
Kebersihan
|
1
|
Set
|
Rp50.000
|
Rp50.000
|
5
|
Karpet
|
1
|
Lembar
|
Rp140.000
|
Rp140.000
|
JUMLAH
|
Rp7.425.000
|
||||
Pembelian Alat
|
|||||
6
|
Perangkat
Komputer
|
2
|
Set
|
Rp4.500.000
|
Rp9.000.000
|
7
|
Meja
Komputer
|
2
|
Unit
|
Rp400.000
|
Rp800.000
|
8
|
Kursi
|
2
|
Unit
|
Rp200.000
|
Rp400.000
|
9
|
Alat
Service
|
1
|
Set
|
Rp100.000
|
Rp100.000
|
10
|
HUB
Router
|
2
|
Set
|
Rp225.000
|
Rp450.000
|
11
|
Modem
ADSL
|
1
|
Set
|
Rp350.000
|
Rp350.000
|
12
|
Printer
3 in 1
|
1
|
Unit
|
Rp1.000.000
|
Rp1.000.000
|
13
|
Tinta
Print Warna
|
3
|
Set
|
Rp80.000
|
Rp240.000
|
14
|
Tinta
Print Hitam
|
3
|
Set
|
Rp50.000
|
Rp150.000
|
JUMLAH
|
Rp11.490.000
|
||||
Biaya Fasilitas
|
|||||
15
|
Listrik
|
1
|
Bulan
|
Rp300.000
|
Rp300.000
|
16
|
Telephone
|
1
|
Bulan
|
Rp200.000
|
Rp200.000
|
17
|
Transportasi
Pembelian Barang
|
4
|
Bulan
|
Rp200.000
|
Rp800.000
|
18
|
Dispenser
|
1
|
Unit
|
Rp300.000
|
Rp300.000
|
19
|
Pengisian
gallon
|
4
|
Bulan
|
Rp20.000
|
Rp80.000
|
JUMLAH
|
Rp1.680.000
|
||||
Promosi
|
|||||
20
|
Pembuatan
Pamflet
|
50
|
Lembar
|
Rp2.000
|
Rp100.000
|
21
|
Iklan
TV
|
1
|
Bulan
|
Rp500.000
|
Rp500.000
|
JUMLAH
|
Rp600.000
|
||||
Produk Jasa
|
|||||
22
|
Tower Triangle
|
1
|
Unit
|
Rp5.500.000
|
Rp5.500.000
|
23
|
Akses Point
|
5
|
Unit
|
Rp1.000.000
|
Rp5.000.000
|
24
|
Router
|
1
|
Unit
|
Rp1.200.000
|
Rp1.200.000
|
25
|
Switch 24 Port
|
1
|
Unit
|
Rp1.000.000
|
Rp1.000.000
|
26
|
Antena Grid 24 DB
|
4
|
Unit
|
Rp500.000
|
Rp2.000.000
|
27
|
Antena Omni
|
1
|
Unit
|
Rp1.200.000
|
Rp1.200.000
|
28
|
Kabel UTP
|
1
|
Unit
|
Rp1.200.000
|
Rp1.200.000
|
29
|
Toolkit(Obeng, Tang, dll)
|
1
|
Set
|
Rp500.000
|
Rp500.000
|
30
|
Wireless Client(User)
|
50
|
Unit
|
Rp500.000
|
Rp25.000.000
|
31
|
Rak Server
|
1
|
Unit
|
Rp500.000
|
Rp500.000
|
32
|
Bandwidth
|
1
|
Unit
|
Rp2.500.000
|
Rp2.500.000
|
34
|
Pegawai
|
5
|
Orang
|
Rp3.000.000
|
Rp15.000.000
|
33
|
Biaya
Tidak Terduga
|
Rp3.000.000
|
|||
JUMLAH
|
Rp63.600.000
|
||||
TOTAL BIAYA
|
Rp84.795.000
|
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdirinya berbagai lapangan usaha dikarenakan
adanya kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung
perkembangan usaha, terlebih usaha dalam bidang teknologi yang semakin maju
karena sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang akan mencobanya. Hal itu juga
yang mengispirasi kami untuk membangun usaha yang kami beri nama Dark Fiber.
Bisnis di bidang ISP ini selain banyak
peminatnya juga sebagai bisnis yang menjanjikan, dengan lokasi usaha yang
strategis dan dengan inovasi baru dapat menambah besarnya keuntungan yang akan diperoleh dan
memberikan jaminan bahwa usaha ini akan dapat berkembang dengan cepat.
5.2 Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan
lancar, kami mempunyai beberapa saran, antara lain:
1. Percaya dan yakin bahwa
usaha bisa di laksanakan.
2. Aktif berkomunikasi
berkomunikasi.
3. Mempunyai etos kerja yang
tinggi.
4. Mau mendengarkan kritik
dan saran dari orang lain.
5. Tidak mudah putus asa.
6. Mampu menghasilkan produk
yang berkualitas.
7. Mengutamakan kepuasan
pelanggan.
8. Disiplin, bertanggung
jawab, kreatif dan inovatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar